Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Tuesday, December 16, 2008

Kuliah Adam Gyorgy

(Studio Musik Melodia, 12 Desember 2008)


Adam Gyorgy adalah pianis muda asal Hungaria yang kini tengah menapaki kariernya sebagai pianis internasional. Selain memberikan konser di berbagai tempat di dunia, Adam yang juga tengah menempuh studi doktoral di Franz Liszt Academy di Budapest ini aktif membagi pengetahuannya melalui seminar, kuliah maupun master class.

Pada Jumat lalu Adam berbicara di hadapan sekira 30 peserta kuliah di Studio Musik Melodia mengenai pendidikan musik di negara asalnya. Hungaria merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan musik terbaik di dunia, dan ini disebabkan karena secara geografis, Hungaria terletak di antara Rusia yang terkenal akan kehebatan teknik pianistik dengan negara-negara Eropa Barat seperti Jerman dan Perancis yang memiliki musikalitas yang tinggi. Ini menyebabkan sistem pendidikan Hungaria yang komprehensif dan bisa menghasilkan musisi-musisi, terutama pianis-pianis, yang memiliki kemampuan all-round.

Selain menjelaskan mengenai pendidikan musik di tempat dia belajar, Adam Gyorgy juga membahas mengenai beberapa aspek teknis dalam permainan piano, seperti pentingnya memiliki jari-jari yang aktif, bagaimana menyalurkan suara ke dalam piano, cara bermain oktaf, cara menghasilkan warna suara yang berbeda di piano, pentingnya memiliki gerakan tubuh yang proporsional, pentingnya berlatih dengan lambat dan membagi cara sesi latihan ke dalam sesi analisis dan sesi bermain, cara menghafal, serta perlunya menjaga tempo permainan.

Secara keseluruhan, kuliah kali ini masih terasa terlalu singkat dan pembahasan yang diberikan pun kurang mendalam. Terlalu banyaknya tema yang ingin dibahas dalam jangka waktu yang pendek (hanya 2 jam) membuat Adam terasa meloncat-loncat dari satu tema ke tema lainnya dengan cepat. Namun demikian, dari pendapat beberapa guru musik yang hadir di dalam seminar kemarin, kegiatan seperti ini tampaknya harus lebih banyak diadakan, terutama mungkin untuk guru-guru piano yang notabene memiliki jumlah murid terbanyak di Bandung.

Di ujung ceramahnya Adam membuka sesi tanya-jawab, sebelum akhirnya memainkan beberapa karya pendek serta sebuah komposisi yang ditulisnya sendiri.

Mutia Dharma
Managing Director
Classicorp Indonesia

No comments: