Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Sunday, January 04, 2009

Selamat Tahun Baru 2009

Jika seseorang butuh waktu untuk istirahat sejenak demi mengambil jarak dari keseharian, barangkali awal tahun adalah salah satu momen yang tepat. Di awal tahun itulah, kita semua bak Janus, si dewa bermuka dua dari Romawi, yang mampu memandang ke belakang maupun ke depan. Demikian halnya dengan KlabKlassik (KK), yang melihat tahun 2009 ini sebagai harapan. Harapan, tentu saja, diawali dari sisi belakang wajah Janus yang melihat masa lalu. Segera setelah evaluasi tentang kegiatan yang sudah dilakukan pada tahun 2008, KK merasa tak salah-salah amat untuk membangun harapan di masa datang. Meski harapan tidak memberi kepastian, tapi setidaknya, kemampuan berharap, barangkali adalah keberhasilan tersendiri.
Pertemuan penuh harapan itu dilakukan hari Minggu, tanggal 4 Januari kemarin. Bertempat di Tobucil, Jl. Aceh no. 56, enam orang awak KK merumuskan beberapa rencana untuk tahun 2009:

1. Pertemuan KK pertama akan diadakan pada tanggal 25 Januari jam 15.00-17.00 di Tobucil. Temanya digabung baik diskusi sosio-kultural maupun apresiasi bersama. Pematerinya sementara ditunjuk Bilawa A. Respati. Namun akan dikonfirmasikan kemudian beserta topiknya. Sementara pertemuan kedua akan dilakukan pada 8 Februari dengan pemateri A.K. Patra Suwanda. Topiknya adalah Musik dan Masyarakat. Live music ataupun pemutaran CD akan menjadi hal yang kemudian diapresiasi bersama

2. KK juga memantapkan ide pembentukan ensembel gitar Bandung yang terbuka untuk umum. Dinamai dengan Ririungan Gitar Bandung (RGB). Persyaratannya adalah sebagai berikut:
a. Mampu membaca not balok dengan baik dan benar
b. Mampu memainkan gitar akustik nilon
c. Mampu berkomitmen
d. Mampu bekerjasama dalam tim
e. Mau belajar
f. Mempunyai gitar akustik nilon sendiri
Pendaftaran gratis dilakukan dengan cara mengirimkan biodata dan CV singkat ke klabklassik@yahoo.com. Pendaftar nantinya akan diseleksi dengan materi sebagai berikut:
a. Sight reading
b. Sight playing dengan format duet
c. Lagu wajib: Romance de Amor (trad. Spanyol)
d. Wawancara
Seleksi dilakukan tanggal 25 Januari di Tobucil, Jl. Aceh no. 56 pukul 13.00. (Jam bisa berubah tergantung pada jumlah pendaftar)

3. KK akan melakukan road show ke Cahaya Bangsa Classical School di Kota Baru Parahyangan pada pertengahan Februari 2009. Ini tentu saja pengalaman baru untuk KK. Ketika edukasi menjadi salah satu kampanye yang rajin diangkat oleh KK, maka undangan langsung ke “markas edukasi” adalah semacam berkah tersendiri.

4. Penyelenggaraan konser tidak lagi menjadi agenda prioritas KK di 2009. Tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Resital D’Java String Quartet (kuartet gesek dari Yogyakarta), resital Tiga Gitar (Bilawa A. Respati, Syarif Maulana, Widjaja Martokusumo), dan resital Fauzie Wiriadisastra adalah bagian dari rencana klab tahun ini. Ini belum termasuk dari kerjasama KK dengan Classicorp Indonesia dan Guitar Maestros yang rajin menggelar konser karena sifatnya yang memang Event Organizer.

Demikian beberapa rencana KK di tahun 2009. Harapan memang cuma harapan, di tengah jalan terjadi banyak penyesuaian barangkali adalah lumrah. Selama hal itu tidak keluar dari koridor visi dan misi KK. Berbagai partisipasi dari teman-teman atas berbagai kegiatan tersebut akan KK sambut dengan tangan terbuka. Selamat tahun baru 2009, selamat membumbungkan harapan demi harapan. Viva la musica. =)

No comments: