Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Sunday, May 10, 2009

Edvard Grieg, Chopin dari Utara


Edvard Grieg lahir di Bergen, Norwegia, pada 15 Juni 1843. Sejak usia sekolah, Grieg telah menulis beberapa komposisi untuk variasi piano, yang dikagumi oleh violinis terkenal di Norwegia, Ole Bull. Bull kemudian menyuruh Grieg untuk mengkonsentrasikan dirinya di musik saja. Pada tahun 1858, Grieg masuk konservatori Leipzig, dimana ia dibimbing oleh beberapa guru yaitu Reinecke, Moscheles dan Richter. Dari Leipzig, ia kemudian pergi ke Kopenhagen, dan bertemu Richard Nordraak, seorang musisi dan nasionalis muda, yang kemudian menjadi sahabatnya. Pertemanan ini menulari Grieg untuk menulis komposisi untuk lagu-lagu nasional. Pada tahun 1865, Nordraak meninggal muda, dan Grieg bertekad untuk terus membawa idealisme kawannya itu. Ia kemudian membentuk orkestra di Christiana (sekarang menjadi Oslo) dan memimpinnya untuk beberapa karya musik nasional Norwegia.
Pada tahun 1867, Grieg menikahi Nina Hagerup, yang menginspirasinya untuk menulis komposisi berjudul "I Love You". Sejak menikah, produktivitasnya bertambah, ia menulis Sonata in F Major for Violin and Piano dan Piano Concerto yang mana Franz Liszt pun mengakuinya. Liszt berkata, "Teruskan, Temanku, kamu punya talenta yang luar biasa." Konserto tersebut sukses ditampilkan secara perdana di tahun 1870 di Oslo, dengan Edmund Neupart sebagai solis.
Pada tahun 1874, Grieg kembali ke kota kelahirannya. Saat itu juga, Henrik Ibsen, seorang dramawan terkenal, meminta dia menulis musik untuk dramanya yang berjudul Peer Gynt. Musik tersebut muncul pertama kali pada 24 Februari 1876 dan mendapat banyak pujian.
Grieg merupakan salah satu komposer Norwegia yang terpenting. Pada masanya, pemerintah sering sekali memberikan penghargaan dan pendanaan untuk proyek-proyeknya. Penghargaan itu tidak hanya datang dari negerinya, tapi juga di luar seperti Swedia, Prancis, Inggris dan Austria. Karena sensitivitas, musikalitas, dan gaya musiknya yang puitis seperti Chopin, ia sering dijuluki "Chopin dari Utara". Grieg meninggal di kota kelahirannya, pada 4 September 1907.

Diterjemahkan dari:
Ewen, David. The Home Book of Musical Knowledge. Prentice-Hall, Inc. 1960. Hal 62-63.

No comments: