Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Sunday, December 20, 2009

Konser Ammy Alternative Strings: "Let's Play Violin!"


Rabu, 23 Desember 2009
Auditorium CCF, Jl. Purnawarman no. 32
Jam 19.30-21.00


Di Amerika dan Eropa belakangan ini, terdapat kurikulum musik baru yang tengah melanda generasi mudanya, yakni Alternative Strings. Walaupun metode pelajaran tetap bersumber pada musik klasik yang merupakan dasar, tetapi Alternative Strings sebagai kurikulum baru membuka wawasan kita bahwa biola tidak hanya terpaku pada musik klasik, tetapi ada juga non klasik seperti blues, jazz, folk, rock dan tradisional atau yang lebih dikenal dengan world music. Bermain biola tidak lagi berdasarkan pada satu jenis musik tetapi memainkan sebuah musik itu sendiri, yang menuntut seorang pemainnya untuk menciptakan teknik baru dengan materi yang sudah ada. Kepekaan berimprovisasilah yang pada akhirnya akan berbicara dalam bermusik atau bermain biola.

Musisi biola di Bandung, Ammy C. Kurniawan, merupakan salah satu musisi yang memperdalam Alternative Strings. Selain memperdalam, ia juga tengah berusaha mengembangkan kurikulum tersebut lewat lembaga pendidikan independen yang bernama: Ammy Alternative Strings, Ammy Alternative Strings merupakan tempat berkumpul dan belajar bagi siapapun yang tertarik pada alat musik string, khususnya biola. Harapannya adalah dapat menjadi suatu wadah pembinaan bagi para siswa dalam mempelajari biola.

Sebagai bentuk nyata upaya pengembangan dan pendalamannya, Ammy Alternative Strings menggelar sebuah konser yang bertajuk “Let’s Play Violin”. Konser tersebut nantinya menitikberatkan pada siswa yang tengah mempelajari biola dengan segala kesukaannya, keberaniannya dan kemampuan berbahasa musiknya serta pemahamannya dalam bermusik. Mereka belajar untuk mengetahui bagaimana proses latihan dan diharapkan juga untuk berani tampil di muka umum, berekspresi dan diapresiasi serta dapat mengapresiasi musik itu sendiri.

Pagelaran ini ditata dalam bentuk pertunjukan yang bersifat menghibur, sebagai ungkapan para siswa dalam mengekspresikan permainan biolanya dalam berbagai jenis musik. Mereka tampil diiringi oleh band yang terdiri dari para musisi profesional. Semoga pagelaran ini dapat menjadi ajang saling mengenal, menghargai dan bertukar informasi yang nantinya mendukung perkembangan potensi bermusik para siswa

Pengisi Acara:
Adita, Afifa, Alifia, Andani, Anggindita, Firas, Gillian, Hana, Ilham, Inggita, Izzati, Miranti, Pangestu, Tiara, Retno.
Ammy, Rudi, Ari.
Teddy A.B., Arif, Nissan, Jimmy, Heru.

Informasi Tiket (Rp. 10.000):
Tobucil, Jl. Aceh no. 56. Telp. 022-4261548
Utet. 08122019152
Syarif. 0817212404
----