Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Monday, January 17, 2011

KlabKlassik 2010: Lahirnya Akademi KlabKlassik

Akademi KlabKlassik

KlabKlassik merupakan salah satu klab yang konsisten berkumpul di Tobucil setiap hari Minggu. Salah satu yang menarik adalah hadirnya Akademi KlabKlassik (AKK) pada 10 Juni 2010. AKK ini awal mula kemunculannya adalah sebagai respon terhadap eksklusivikasi musik yang sepertinya dimiliki oleh lembaga-lembaga pendidikan atau sekolah musik saja. AKK dicetuskan oleh Diecky K. Indrapraja, salah seorang aktivis KlabKlassik yang cukup aktif. Profesinya adalah komponis, dan sempat juga menjadi dosen di STiMB (Sekolah Tinggi Musik Bandung). Ia mengusulkan bahwa AKK dimulai dari pendidikan dasar tentang teori musik.

Debut AKK dimulai pada tanggal 10 Juni 2010 dengan sepuluh orang peserta. Bayarnya relatif murah, yaitu 65.000 untuk tiga bulan dan diselenggarakan tiap minggu. Meski AKK mendapat beberapa evaluasi sana sini terkait penyelenggaraannya, namun AKK edisi pertama ini menjadi pembuka jalan bagi kelanjutan AKK berikutnya. AKK sendiri diharapkan bisa menjadi ruang penting bagi penyelenggaraan pendidikan musik yang non-eksklusif. "Alasannya sederhana," kata Diecky, "musik adalah milik semua orang. Kenapa seolah-olah hanya milik lembaga musik saja?"

Selain AKK, KlabKlassik juga menyelenggarakan sejumlah konser sejak bulan Agustus, yaitu Resital Gitar Johan Yudha Brata, Resital Piano Andrew Sudjana, Classical Guitar Fiesta, serta Resital Piano-Trumpet Iswargia Sudarno dan Eric Awuy. Keseluruhan penyelenggaraan tersebut dilakukan di Auditorium CCF. Di samping itu, kumpul komunitas KK juga berlangsung cukup konsisten setiap minggunya. Menjelang tutup tahun, KK membuat semacam kuartet gitar yang dipersiapkan untuk acara-acara yang melibatkan KK sebagai performer.

Di tahun 2011, KK berharap tidak hanya aktif di Tobucil ataupun di blognya saja, melainkan juga menerbitkan semacam buletin yang disebarkan secara gratis. Buletin tersebut memuat konten seputar musik klasik dan keadaan musik secara umum saat ini.

No comments: