Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Monday, January 17, 2011

Ririungan Gitar Bandung: Canarios untuk Trio


Minggu, 17 Desember 2011

Bulan Januari memang sudah sewajarnya menjadi momen bagi banyak hal untuk dimulai atau dimulai kembali. Demikian halnya dengan kegiatan-kegiatan di Tobucil, setelah kelas Scrapbook diputuskan untuk dimulai secara paket, lalu Klab Nulis mulai berbenah menyiapkan angkatan baru dengan lebih bergairah, Ririungan Gitar Bandung (RGB) juga memulai gerakannya. Cabang kegiatan dari KlabKlassik ini merupakan latihan ensembel gitar untuk umum. Siapa saja boleh gabung, berbayar Rp. 50.000 untuk tiga bulan latihan. Sebetulnya RGB sudah dimulai dari tanggal 3 Desember silam, namun pertemuan saat itu masih dianggap briefing biasa, belum mulai latihan.

Materi tiga bulan pertama adalah Canarios untuk tiga gitar, yang diusulkan oleh salah seorang peserta, Kristianus. Canarios adalah karya dari jaman Barok yang ditulis oleh komposer Spanyol, Gaspar Sanz. Dengan time signature 6/8, tempo 120, dan aksen di ketukan pertama, Diecky memaparkan bahwa karya ini jelas merupakan karya dance. Artinya, "Karya ini pastinya dipakai untuk acara-acara dansa di jaman Barok." Jaman Barok sendiri adalah periode sekitar tahun 1600 hingga 1750-an.

Pertemuan RGB ini ditandai dengan hadirnya beberapa wajah baru, semisal Dini Afiandri yang biasa aktif di Klab Nulis serta dosen di STT Tekstil, Pak Ato Hardianto. Semuanya melebur menjadi satu, dalam alunan dansa dansi Espagnola. Bagi yang berminat ikutan, belum terlambat, silakan datang ke Tobucil, Jl. Aceh no. 56 dua minggu ke depan atau tanggal 30 Januari. Permintaan partitur bisa dipenuhi dengan menuliskan alamat e-mail di komentar posting ini.

No comments: