Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Thursday, November 10, 2011

KlabKlassik: Nonton Bareng Film "Notes Interdites"


There are three things i don't believe in:
i don't believe in medicine
i don't believe in sunspots
and i don't believe in the art of conducting
--Leo Tolstoy

Tagline tersebut menjadi pembuka film "Notes Interdites", film dokumenter yang mengisahkan tentang konduktor Gennadi Rozhdestvensky, seorang konduktor ternama asal Rusia. Film ini bertutur tentang persiapan, rehearsal, dan kebijaksanaan dari sang konduktor ketika tengah mempersiapkan orkestra untuk konser. Ada juga adegan ketika Gennadi mengajar murid-muridnya di konservatorium Moskow. Gennadi bukanlah konduktor konvensional. Gayanya atraktif, aktif, dan menghibur. Ia ingin orkestra hidup bersama dengan gestur tubuhnya.

Film ini menarik, selain atraksi Gennadi dan juga caranya mengajar yang cukup keras, ada beberapa review sejarah tentang perkembangan orkestra musik di Rusia. Gennadi mengutip banyak kalimat-kalimat dari Prokofiev, Stalin, Tolstoy hingga Gorky. Mereka semua berdebat tentang musik apa yang bagus, tentang musik apa yang cocok bagi Rusia (kala itu Soviet). Apakah musik yang menyentuh? Apakah musik yang menyemangati orang banyak? Atau apa? Demikian adalah hal yang lumrah bagi negara dengan ideologi keras semisal Uni Soviet.

No comments: