Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Thursday, January 12, 2012

Program KlabKlassik Bulan Januari

Tahun 2012 ini KlabKlassik akan kembali rutin dengan program mingguannya. Program mingguan dalam satu bulan akan selalu terdiri dari:
1. Edisi Film: Berisikan acara nonton film yang bisa bermuatan sejarah musik klasik, tokoh-tokoh dalam musik klasik, atau bisa juga membahas music scoring dalam sebuah film. Pemandu: Yunus Suhendar.
2. Edisi Playlist: Berisikan apresiasi musik bersama dengan cara masing-masing peserta membawa satu lagu favoritnya (bebas, tidak usah musik klasik loh!) dalam format mp3. Lagu favorit masing-masing akan didengar serta dikomentari secara santai oleh Ismail Reza. Pemandu: Adrian Benn.
3. Edisi Bincang-Bincang: Berisikan diskusi santai tentang isu-isu musik yang kekinian. Untuk edisi ini, selalu diupayakan kehadiran narasumber untuk berbagi pengalaman secara lebih luas. Pemandu: Diecky K. Indrapraja.
4. Edisi Panggung Gembira: Berisikan performa musik klasik yang ditujukan bagi apresiator yang ingin merasakan suasana pertunjukkan yang hangat, dekat, dan tidak berjarak seperti di gedung-gedung pertunjukkan pada umumnya. Pemandu: Bilawa Ade Respati.

Semua edisi diselenggarakan setiap hari Minggu di Tobucil, Jl. Aceh no. 56 umumnya pukul 15.00 (perubahan jam akan diberitahukan kemudian). Semua edisi adalah TERBUKA UNTUK UMUM dan GRATIS!

Untuk januari ini, edisi yang hadir beserta temanya adalah sebagai berikut:

15 Januari jam 15.00: Edisi Film akan mengetengahkan film produksi tahun 1984 berjudul Amadeus. Film yang berkisah tentang hidup W.A. Mozart dan Antonio Salieri ini, masuk dalam urutan ke-53 dari 100 film terbaik sepanjang masa versi American Film Institute. Durasi film yang disutradarai Milos Forman tersebut adalah 161 menit.



22 Januari jam 15.00: Edisi Playlist, oleh karena esok harinya adalah Tahun Baru Imlek, maka temanya adalah "Enter The Dragon". Peserta silakan membawa satu lagu favoritnya yang berhubungan (atau dihubung-hubung-kan) dengan peringatan Tahun Baru Imlek, boleh tentang naga, merah, angpao, keluarga, hujan, ramalan, tahun baru, atau apapun yang asyik. Nantikan juga komentar-komentar seru dari Ismail Reza yang seringkali mencengangkan.



29 Januari jam 15.00: Edisi Bincang-Bincang akan menghadirkan Riyan Hidayat yang siap menampilkan topik bahasan "Membedah Shoegaze Music". Dinamai Shoegaze karena setiap tampil, para pemain bandnya seringkali melihat pada sepatunya sendiri. Tentu saja kita perlu informasi lebih daripada itu. Maka itu datangilah!




Ingat bahwa musisi klasik bukanlah alien yang hanya hidup di tumpukan partitur!

No comments: