Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Friday, February 10, 2012

KlabKlassik Edisi Film: Manuel Barruecco “A Gift and a life”


Minggu, 12 Februari 2012
Pk. 15.00 - 18.00
Tobucil, Jl. Aceh no. 56
Gratis!

Alangkah indahnya ketika di masa tua bisa berbagi pengalaman hidup, romantika, karir, itulah yang disajikan di film kali ini: Manuel Barruecco “A Gift and a life” sebuah dokumentasi perjalanan karir gitaris klasik dari kuba Manuel Barruecco yang harus eksodus ke amerika sejak berumur 6 tahun, kuba di masa itu ialah negara dibawah kepemimpinan rezim fidel castro, barruecco berkisah bahwa hidup di negaranya sangatlah tidak bebas dan terintimidasi sehingga keluarganya memutuskan untuk meninggalkan tanah kelahirannya kuba.

Berkarir sebagai gitaris klasik profesional di amerika tidaklah mudah, barruecco harus menjajal kemampuannya dalam berbagai kompetisi gitar klasik, barruecco muda perlahan mendekati ketenaran John Williams gitaris australia yang skil dan tekniknya mendekati sempurna saat itu berdasarkan interview David Tannenbaum teman sesama gitaris.

Kini di usianya yang flamboyant barruecco menikmati karirnya sebagai gitaris konser, artist recording dan pengajar masterclass, juga collaborator music yang sukses, kolaborasinya dengan seniman diluar ranah klasik antara lain dengan gitaris jazz Al dimeola mengikuti jejak Kazuhito Yamashita yang pernah berkolaborasi dengan Larry Coryell, kemudian dengan former The Police Andy Summer, dan album non klasiknya yang sukses ialah “Manuel Barruecco Plays Lennon and McCartney” direkam di studio yang sama dengan the Beatles di Abbey Road, barruecco ialah fans The Beatles sejak kecil ia sangat menyukai lagu Penny Lane, tetapi di negaranya Kuba dilarang keras untuk mendengarkan The Beatles. Scene yang sangat menarik ialah ketika kunjungan gitaris klasik David Russell, Assad Brothers dan David Tannenbaum ke rumahnya di Baltimore, para gitaris ini ber jam session ria dan memainkan Etude No.1 villa lobos berlima dalam satu gitar.
Film besutan Michael Lawrence ini berdurasi 59 menit, dan didalamnya banyak berisikan interview, rekaman masterclass dan sesekali diselingi dengan footage konser.

No comments: