Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Friday, April 27, 2012

KlabKlassik Edisi Bincang-Bincang: Membasuh Kusam-Suramnya Hidup Melalui Black Metal


Minggu, 29 April 2012
Pk. 15.00 - 17.00
Tobucil, Jl. Aceh no. 56

Bulan April Indonesia dibanjiri konser-konser musik rock, sebut saja konser Dream Theater yang bertajuk  “A Dramatic Tour of Events” pada 21 April, konser Yes yang bertajuk "Fly From Here World Tour" pada 24 April, dan yang paling fresh konser kompilasi band-band Metal “Hammersonic: Jakarta International Metal Festival” pada 28 April. Musik rock menelurkan berbagai genre musik, mulai dari genre turunannya langsung (sub-genre), hingga genre peleburan atau perpaduan (fusion genre). Anak cucu turunan musik rock sangatlah luas, beragam dan tersebar meruap ke berbagai negara.
KlanKlassik Edisi Bincang-Bincang kali ini mengetengahkan topik “Black Metal”, sebuah genre musik metal yang paling populer dimana-mana. Populer dalam artian bukan sebagai konsumsi mainstream (pengecualian untuk Cradle Of Filth dan Dimmu Borgir). Narasumber yang di hadirkan kali ini adalah Rahar, pemerhati musik metal. Menurutnya, Black Metal merupakan genre extreme-metal yang sangat mengganggu bagi banyak orang. Mengganggu bisa dari segi musikalitas, tema, penampilan (aksi panggung), kualitas rekaman, perilaku musisinya dan misi-misi terselubung yang dibawa melalui genre ini, sebut saja kampanye Antichrist, Pagan, White Power, hingga isu-isu politik dan lingkungan.  
Bagaimana sejarah cikal musik ini berkembang? Idealisme dan konsep musik yang seperti apa yang hendak ditawarkan?

Mari berbincang!  Acara Gratiss!!!  Siapapun boleh hadir!!

No comments: