Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Saturday, June 23, 2012

KlabKlassik Edisi Playlist #14: Musik Indonesia Abad ke-21

Minggu, 24 Juni 2012
Tobucil, Jl. Aceh no. 56
Pk. 15.00 - 17.00
Gratis dan Terbuka untuk Umum

Latar Belakang Edisi Kali Ini 

Sebuah survey singkat tentang kondisi musik Indonesia abad 21 (tahun 2000 - skrg) yang dilakukan penulis terhadap sejumlah orang yang bukan pelaku musik, memunculkan kegalauan tersendiri: tidak ada yang bernada positif, dengan dua poin utama yaitu musik industri yang semakin monoton serta berkurangnya kualitas musik yang ditutupi dengan penampilan yang berlebihan demi mengejar profit. Pada saat survey, penulis memang hanya mengarahkan kepada musik Indonesia secara general, dan dari hasilnya sangat terlihat dominasi musik industri pada pola pikir umum. 

Bagaimana dengan kita, setujukah dengan pendapat tersebut? 

Pada edisi playlist kali ini kita akan mencoba menelisik lebih dalam mengenai musik Indonesia dengan konteks kekinian. Tidak spesifik tentang musik industri, tidak juga spesifik tentang kontemporer, atau musik sastra, tetapi secara keseluruhan, yang berarti boleh dari jenis apapun. Silakan bawa sebuah musik hasil karya orang Indonesia setelah tahun 2000 yang menurut anda sukai. Bersama-sama akan kita dengarkan dan apresiasi. 

Tentang Edisi Playlist 

Edisi Playlist bertujuan untuk melatih apresiasi. Memberi pengetahuan tentang keberbedaan selera yang berkembang di masing-masing persona, dan bagaimana cara menghargainya. Terlebih ketika hari ini musik sudah jarang sekali diperlakukan sebagai "musik an sich". Musik sekarang kita dengar sebagai latar belakang, mulai dari berbelanja di mal, menonton televisi, hingga menyetir di mobil. Mari kita duduk, menghargai musik sebagai musik, didengarkan dalam entitasnya yang sejati. Semoga ada kebenaran yang bisa diraih disana. Amin. 

Tatacara Peserta 

kumpul-kumpul berpartisipasi dengan cara membawa satu lagu favoritnya (tidak harus klasik loh!) dalam flashdisk untuk diputar dan diapresiasi bersama-sama. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

No comments: