Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Monday, December 31, 2012

Catatan di Tahun Ketujuh

KlabKlassik tanpa terasa berulangtahun yang ketujuh di bulan Desember 2012 kemarin. Berdiri sejak 9 Desember 2005, KlabKlassik rutin menyelenggarakan sejumlah kegiatan baik dalam bentuk komunitas mingguan maupun konser-konser. Berikut sejumlah catatan kegiatan KlabKlassik di tahun 2012:

1. Konser-Konser
Di tahun 2012, KlabKlassik termasuk aktif mengadakan sejumlah konser. Bulan Januari langsung dibuka dengan Resital Empat Gitar, bulan-bulan berikutnya berentetan konser-konser menarik semisal konser Anime String Orchestra, Resital Piano Levi Gunardi, Classical Guitar Fiesta 2012, Resital Gitar Jardika Eka dan Syarif Maulana, dan Resital Oboe Afdhal Zikri. Kecuali Resital Piano Levi Gunardi yang diadakan di gedung Dana Mulia, konser-konser lainnya diselenggarakan di Auditorium CCF Bandung yang sekarang sudah berganti nama menjadi IFI.

2. Konsistensi Kegiatan Komunitas
Penyelenggaraan kegiatan komunitas mingguan yang berlangsung di Tobucil mendapatkan angin segar seiring dengan konsistensi dan penjadwalan yang baik. Minggu pertama libur, minggu kedua untuk Edisi Nonton garapan Yunus Suhendar, minggu ketiga untuk Edisi Playlist garapan Adrian Benn, sedangkan minggu keempat adalah Edisi Bincang-Bincang yang dipimpin oleh Diecky K. Indrapraja. Penyelenggaraan ini berlangsung konsisten dan menciptakan topik-topik yang menarik minat seperti membahas music scoring film 2001: Space Odyssey, Malena, dan Social Network. Sedangkan Edisi Playlist yang sudah berlangsung sejak tahun lalu, sekarang mulai dikenakan sejumlah tema seperti Blacklist Wedding Song, Musik Indonesia tahun 2000-an atau Merayakan Kehidupan sehingga lagu yang dibawa menjadi lebih terspesifikkan. KlabKlassik Edisi Bincang-Bincang bertemakan topik-topik musik yang amat luas mulai dari Psikedelik, Ska, hingga Black Metal. Imbasnya, sejumlah peserta yang datang ke KlabKlassik pun semakin beragam.

3. Perginya Sejumlah Punggawa
Meski di awal hingga pertengahan tahun cukup stabil dan konsisten, menjelang akhir terdapat semacam cobaan yaitu perginya empat punggawa KlabKlassik secara hampir bersamaan. Afifa Ayu ke Jepang, Diecky K. Indrapraja menikah dan tinggal di Pontianak, Bilawa Ade Respati ke Jerman, dan Rahar Palsu ke Prancis. Kepergian empat orang yang cukup krusial bagi penyelenggaraan komunitas ini, menimbulkan guncangan sesaat sehingga kegiatan sempat diliburkan beberapa minggu. Namun di akhir tahun, KlabKlassik kembali aktif lewat latihan gitar bersama Ririungan Gitar Bandung.

No comments: