Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Saturday, April 06, 2013

KlabKlassik Edisi Bincang-Bincang: Sheik Yerbouti (1979)


Minggu, 14 April 2013
Pk. 16.00 - 18.00
Tobucil, Jl. Aceh no.56
Narasumber: Ismail Reza
Gratis dan terbuka untuk umum

Frank Zappa sering disebut sebagai komposer yang sanggup mengatasi dua dunia yang sering bertentangan dalam seni: idealis dan pragmatis. Selain dikenal sebagai komposer nyentrik yang menghasilkan sejumlah karya kontemporer, Zappa juga ternyata cukup disukai oleh pasar. Album Sheik Yerbouti yang dirilisnya tahun 1979 -terjual lebih dari dua juta kopi- adalah buktinya. Sheik Yerbouti, yang merupakan pelesetan dari kata "Shake your Booty" adalah album hasil dari rekaman live yang diolah kembali di studio. Beberapa lagu di dalamnya terkenal karena mengandung unsur humor dan parodi. Seperti apakah sesungguhnya humor dan parodi yang dimaksud dalam musik? Apakah efeknya betul-betul membuat kita tertawa, atau "tertawa" dalam konteks yang lain? Lantas, pertanyaan paling mendasarnya adalah: Apakah betul-betul ada musik yang sanggup diterima -dengan ikhlas- oleh pasar tapi juga sekaligus orang-orang serius? Mari simak pembahasannya.

Jika timbul pertanyaan, mengapa KlabKlassik membicarakan musik-musik di luar klasik, jawabannya ada di sini.

No comments: