Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Wednesday, July 10, 2013

KlabKlassik Edisi Nonton: Searching for Sugar Man (2012)


Minggu, 14 Juli 2013
Pk. 13.00 - 15.00
Tobucil, Jl. Aceh no. 56
Gratis dan Terbuka untuk Umum

Setelah sekian lama tidak berkegiatan, KlabKlassik Edisi Nonton muncul lagi di bulan Ramadhan ini dengan film Searching for Sugar Man. Film dokumenter ini bercerita tentang musisi asal Amerika Serikat, Sixto Rodriguez, yang dua albumnya, Cold Fact (1970) dan Coming from Reality (1971) gagal total di pasaran. Namun tanpa sepengetahuan Rodriguez, ternyata musiknya laku keras di Afrika Selatan. Tidak hanya ia menjadi lebih populer dari Elvis Presley ataupun Rolling Stones di negara tersebut, tapi juga ternyata karya-karyanya sangat berpengaruh dalam gerakan anak muda yang menentang politik apartheid. Film ini penting untuk diputar dan didiskusikan, untuk mengetahui bahwa kualitas musik bisa saja absolut dan tidak tergantung oleh corong industri. Buktinya, meski musik Rodriguez tak punya pendengar, tetap ada yang merestorasinya di ujung sana oleh sebab merasakan kualitasnya yang sejati. 


No comments: