Selamat datang di blog klabklassik, tempat dimana kita bisa berbagi apresiasi, edukasi dan informasi seputar musik klasik.

Dalam ruang maya ini, stereotip tangguh tentang eksklusivitas, kekakuan, dan tak membumi-nya musik klasik akan sama-sama kita upayakan agar cair lewat proses berbagi yang hangat, terbuka, santai, dan penuh cinta.

Mari mengapresiasi dengan hati, lalu ciptakan ruang musik klasikmu sendiri.

Friday, September 06, 2013

KlabKlassik Edisi Playlist: Lagu Kebebasan

Minggu, 8 September 2013
Pk. 15.00 - 17.00
Tobucil, Jl. Aceh no. 56
Gratis dan Terbuka untuk Umum


Latar Belakang Edisi Kali Ini

Dalam sejarah, segala bentuk perlawanan terhadap penguasa selalu mempunyai soundtrack yang mendampinginya. Ada beberapa contohnya mengenai hal ini, misalnya: Revolusi Prancis pada abad ke-18 menggunakan lagu Le Marseilles untuk menyemangati kelompok pro-republik dalam menggulingkan kekuasaan; Kaum hippies di Amerika Serikat pada tahun 70-an memutar musik-musik psikedelik sebagai motivator dalam upayanya menentang kebijakan pemerintah dalam mengirim tentara ke Vietnam; Di Tunisia, seorang rapper bernama Hamada Ben Amor, turut mensponsori rakyat dalam penggulingan presiden Zine El Abidine Ben Ali lewat lagunya yang berjudul Rais Le Bled

Kita tidak sedang akan membahas musik-musik yang dalam sejarahnya telah berhasil membebaskan sebuah kelompok masyarakat dari ketertindasan oleh penguasa yang lalim. Kita akan sama-sama mendengarkan musik apa yang setidaknya membebaskan dirimu sendiri dari keterpenjaraan akan apapun.

Tentang Edisi Playlist

Edisi Playlist bertujuan untuk melatih apresiasi. Memberi pengetahuan tentang keberbedaan selera yang berkembang di masing-masing persona, dan bagaimana cara menghargainya. Terlebih ketika hari ini musik sudah jarang sekali diperlakukan sebagai "musik an sich". Musik sekarang kita dengar sebagai latar belakang, mulai dari berbelanja di mal, menonton televisi, hingga menyetir di mobil. Mari kita duduk, menghargai musik sebagai musik, didengarkan dalam entitasnya yang sejati.


Tatacara

Peserta kumpul-kumpul berpartisipasi dengan cara membawa dua lagu (tidak harus klasik loh!) untuk diputar dan diapresiasi bersama-sama. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

No comments: